RSS

Tuesday, March 27, 2012

Grand New Fortuner - Tips Membuat Kue Mobil

Membuat cake berbentuk mobil merupakan tantangan tersendiri buat saya. Membuat lekukan yang sempurna, kerapihan dan dimensi yang proporsional bukanlah hal yang mudah, Butuh waktu untuk mempelajari dan memperbaiki kesalahan yang pernah saya lakukan.

Meskipun jam terbang saya belum cukup banyak dalam membuat kue berbentuk mobil, namun saya ingin berbagi beberapa tips untuk anda bakul kue yang ingin membuat kue ini.


Dimensi Kue yang Proporsional

Sebelum anda membentuk kue hingga menjadi bentuk mobil (carving cake), sebaiknya anda mencari dimensi asli mobil tersebut. Dimensi yang diperlukan antara lain: panjang, lebar, tinggi dan ground clearance mobil.
Kemudian buatlah kue mobil dengan perbandingan dimensi sesuai dengan ukuran asli. Hal ini perlu untuk mendapatkan bentuk yang proporsional sehingga mirip dengan bentuk mobil asli.

Membentuk (Carving) dengan Referensi Gambar Mobil Asli

Buatlah kue berbentuk kotak terlebih dahulu dengan dimensi yang diperoleh dari perhitungan sebelumnya. Sebaiknya lebihkan 1 cm pada masing-masing ukuran (panjang, lebar, tinggi) untuk menghindari kesalahan ketika carving. Gunakan pisau kue kecil yang tajam dan sebaiknya yang bergerigi. Carilah gambar mobil asli sebagai referensi carving; baik itu tampak depan, samping, belakang maupun tampak atas.



Cake after carved



Setelah proses carving, selanjutnya adalah memoles ganache dengan perbandingan dark cooking chocolate : whipped cream = 2:1.
Poles ganache secara merata dengan bantuan palette kecil. Semakin rapi polesan ganache, akan semakin rapi pula hasil akhir setelah di hias fondant nantinya. Setelah itu, biarkan ganache set untuk beberapa lama (jam) di suhu ruang atau di ruang AC jika ingin set lebih cepat sebelum kue ditutup dengan fondant.

Covered in chocolate ganache

Gunakan Ganjalan untuk Kue Mobil yang Tinggi

Khusus untuk kue mobil yang agak tinggi (sejenis SUV); pada bagian bawah kue perlu diberi ganjalan. Ganjalan bisa menggunakan styrofoam tipis (1.5 - 2 cm atau sesuai ukuran perbandingan ground clearance mobil asli) yang ditutup fondant. Kue mobil yang siap dihias tadi diletakkan di alas impraboard yang dipotong sesuai ukuran alas mobil, kemudian diletakkan di atas styrofoam yang telah ditutup fondant tadi. Baru kemudian kue ditutup dengan fondant.

Agar Ban Mobil nampak kokoh, sebaiknya buat ban mobil 2 atau sehari sebelum agar ban kering dan berbentuk bulat sempurna.
Agar cepat kering, fondant dapat diberi sedikit gum-tex.

Berikut ini penampakan hasil akhir kue mobil berbentuk Grand New Fortuner:




Kali ini saya "cukup" senang dengan hasilnya, meski pun masih ada beberapa kekurangan, khususnya di bagian ban mobil yang agak "kempes" akibat ban yang belum kering karena dibuat secara mendadak :-).

No comments: